Sejarah awal mula internet


awal mula internet
internet


Ilmu pengetahuan bisa berasal hal yang berada di bumi, di luar bumi, dan di dalam tubuh seseorang atau hewan. Dengan begitu ada pertanyaan dasar apakah internet itu? Jaringan internet itu apa? Dan bagaimana cara kerja internet? Pertanyaan ini memang dasar tapi tidak ayal bahwa ada juga yang tidak mengetahui apa itu internet. Betul, mungkin terdapat beberapa orang langsung teringat komputer yang dikoneksikan melalui internet. Tapi ada juga yang langsung berpikir bahwa internet itu jaringan sinyal yang bisa diakses melalui komputer personal maupun laptop. Inilah ilmu pengetahuan, jawaban seseorang pastinya mempunyai hal yang lain tinimbang pikiran orang lain.

Awal Mula Internet

Awalnya, internet adalah gabungan dari dua kata menjadi satu, yaitu Interconnection-networking. Memang, ini masih umum tapi setidaknya akan memberikan informasi tambahan atau mengingat kembali. Internet adalah bagian dari ilmu pengetahuan karena ia merupakan suatu sistem global dari jaringan semua komputer. Komputer-komputer ini satu sama lainnya saling terhubung dengan menggunakan Standard Internet Protocol Suite, Transmission Control Protocol atau Internet Protocol

Melaui ini, maka semua komputer bisa saling terhubung dan user di dunia ini tidak terhitung. Pada tahun 1969, Amerika (Departemen Pertahanan) berhasil membuat sebuah jaringan komputer yang kelak disebut internet. Proyek ini di namakan dengan ARPA atau ARPANET (Advanced Reasearch Project Agency Network). Jaringan ini menggunakan saluran telepon dan perangkat keras (hardware) sebagai media dan perangkat lunak (software) yang berplatform UNIX. Dengan begitu seseorang atau lembaga bisa melakukan komunikasi tanpa dibatasi oleh jarak. Dengan begitu, mereka bisa saling berkomunikasi dengan baik melalui hasil dari ilmu pengetahuan ini.

Sebenarnya internet ini digunakan hanya untuk Departemen Pertahanan Amerika tapi seiring perkembangan zaman internet ini merambah ke mana-mana hingga orang awam pun bisa mengakses internet secara bebas. Ketika awal penggunaan internet, militer membuat suatu jaringan dari komputer satu hingga komputer lain hingga terpencar. Penggunaan internet sebagai ilmu pengetahuan ini untuk mencegah adanya serangan dari pihak luar. 

Lalu, internet menjadi sebuah koneksivitas militer yang sangat diperlukan karena ia juga berfungsi sebagai sistem informasi untuk memata-matai pihak lawan. Dan lagi, internet ini mempunyai informasi terpusat sehingga pihak militer mudah mengetahui informasi. Dulunya, ARPANET ini hanya mempunyai empat situs, yakni University of Utah, University of California, Santa Barbara dan Stanford Research Institute. Di keempat situs inilah mereka membangun sebuah jaringan di tahun 1969 dan tentu, ilmu pengetahuan ini terpadu.

ARPANET sebagai bagian dari ilmu pengetahuan diperkenalkan secara luas di bulan Oktober 1972. Tak berapa lama kemudian, program ini sukses dan mendapat dukungan yang tidak sedikit. Tentu, ilmu pengetahuan ini menjadi pesat perkembangannya hingga seluruh negara pun ikut mendukung jaringan ini. ARPANET terbagi menjadi dua, yakni ARPANET kecil dan MILNET. Pembagian ini lantaran banyak universitas yang ingin bergabung dengan alat ilmu pengetahuan ini. ARPANET digunakan di luar militer dan MILNET untuk militer. Gabungan ini dikenal dengan DARPA Internet dan kini menjadi Internet.
SHARE

Muhammad Sholahuddin

Hi. Saya’ Seorang Blogger. Saya’Pebisnis Online. Saya’juga seorang santri dan PNS yang bekerja dan mengabdikan diri di Badan Karantina Pertanian, serta Pondok Pesantren Asshomadiyah.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: