MENJAGA KESEHATAN MULUT

cara menjaga kesegaran mulut
kesehatan mulut

Menjaga Kesehatan Mulut Melalui Beberapa Cara yang Umum dan Tidak Rumit

Ini sudah menjadi hal yang umum atau diketahui banyak orang bahwa tubuh mampu mengeluarkan bau atau bahasa sopannya adalah aroma tidak sedap. Tidak jarang seseorang mempunyai permasalahan seperti ini dan sering menjadi masalah. Ketika seseorang mempunyai aroma tak sedap, maka orang-orang akan menjauhinya karena ia mengeluarkan bau yang cukup mengganggu. Tentu hal ini menjadikan kesehatan dalam berkomunikasi menjadi tidak baik. Begitu juga bau mulut. Bau mulut ini bisa mendatangkan musibah karena ketika seseorang itu mempunyai aroma mulut yang baik maka akan menumbuhkan rasa PD (percaya diri). Ini memang masalah kesehatan dan bagaimana menghilangkan bau mulut?

Memakan sayur-sayuran yang segar
Sayur-sayuran adalah bahan makanan yang kaya akan serat dan baik untuk kesehatan pencernaan. Jadi, ketika seseorang memakan sayur, maka ia akan menghilangkan plak dan bau mulut. Sayur-sayuran seperti apa? Coba saja wortel, kacang, seledri, kangkung, dan sayuran hijau lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kebersihan dan kesehatan mulut tetap terjaga
Menjaga kebersihan mulut memang memerlukan sikat gigi dan pasta gigi. Menyikat gigi memerlukan 2 sampai 3 kali dalam sehari. Dengan menyikat ini berfungsi untuk menghilangkan aroma bekas makanan yang baru saja menjadi konsumsi. Memakan makanan memang baik untuk kesehatan tapi apabila setelah makan siang, pagi, atau malam tidak menyikat gigi maka mulut akan bau. Tips agar sisa makanan hilang dari sela-sela gigi adalah dengan menyikat gigi. Ada informasi bahwa sisa makanan yang terselip maka seseorang itu harus menggunakan benang. Tapi anjuran ini kurang baik karena kegiatan ini akan mejadikan gigi menjadi renggang dan tidak rapat.

Air daun sirih digunakan untuk berkumur
Cara khusus seperti berkumur dengan air sirih juga bisa menanggulangi kesehatan dalam bau mulut. Bau mulut adalah bencana yang tidak akan terlupakan ketika seseorang itu sedang berdiskusi atau berbisnis. Di supermarket, mini market, sampai pasar menjual obat antiseptik. Obat ini befungsi sebagai cairan penghilang bau mulut. Tentu saja, cara ini adalalah cara instan tapi ia juga mengandung bahan kimia. Daun sirih adalah cara termurah untuk menanggulangi bau mulut karena ia juga mengandung antiseptik yang berfungsi untuk menendang bakteri yang menyebabkan bau mulut. Cara ini memang terbilang tradisional tapi setidaknya ini adalah yang ilmiah dan tanpa bahan kimia.

Memeriksa mulut dan gigi ke Dokter
Sebaiknya rajin memeriksa mulut dan gigi ke dokter paling sedikit setahun dua kali atau enam bulan sekali. Kontrol ini juga berfungsi untuk mengantisipasi terjadinya bau mulut dan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Patut diakui bahwa makan adalah kegiatan untuk menjaga kesehatan tapi di sisi lain, makan juga bisa melahirkan plak pada gigi dan ini sangat merugikan. Karena plak juga menjadi salah satu penyebab adanya bau mulut tapi di sisi lain dengan menyikat gigi secara teratur maka gusi dan giginya menjadi baik.

Siapa yang betah dengan bau mulut? 
SHARE

Muhammad Sholahuddin

Hi. Saya’ Seorang Blogger. Saya’Pebisnis Online. Saya’juga seorang santri dan PNS yang bekerja dan mengabdikan diri di Badan Karantina Pertanian, serta Pondok Pesantren Asshomadiyah.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment