NAMA-NAMA BADAI DI SELURUH DUNIA

Dahsyatnya Badai Tornado
Badai Tornado

Ilmu pengetahuan Nama-Nama Badai di Seluruh Dunia Berdasarkan Aksara Yunani

Badai Sandy, apa itu? Apakah terdapat aturan ilmu pengetahuan untuk memberikan nama badai? Bagaimana bisa badai-badai itu bernama? Mengapa seperti di wilayah New York, Amerika Serikat, menamakan badai dengan nama Badai Sandy? Florida, Alabama, dan Mississippi, Amerika Serikat pernah terjadi bencana badai dahsyat pada tahun 2005. Badai itu dinamakan Badai Katrina. Di pihak lain, New York yang terletak di pantai timur Amerika Serikan menamakan badai yang terjadi tidak lama ini sebagai Badai Sandy.
Badai Katrina

Menurut Ivan R. Tannehill, yang dulunya merupakan letnan yang beralih menjadi seorang ilmuwan dan menghasilkan buku yang berjudul Hurricane, berpendapat bahwa mulanya penamaan badai ini berasal dari budaya tradisi Karibia. Mereka menjuluki badai sebagai ilmu pengetahuan. Dulu, penamaan badai menggunakan nama santo, khususnya di agama Kristen Katolik. Sebagai contoh pada tanggal 26 Juli 1825 di Puerto Rico menamakannya sebagai Badai Santa Ana. Lalu pada tahun 1876 terjadi badai yang dinamakan Badai San Felipe.

 Jadi, sistem penamaan ini selain sebagai ilmu pengetahuan tapi ia juga sebagai deskripsi dari peristiwa. Di sisi lain, bisa jadi nama badai juga mempunyai nama yang sama. Di tahun 1876 di Puerto Rico saja menamakan badainya sebagai San Felipe I sementara pada tahun 1928 dan masih di daerah yang sama dinamakan sebagai San Felipe II. Sistem penamaan ini tidak bisa disangkal bahwa ada sistem penamaan yang berbeda dalam ilmu pengetahuan itu sendiri.

Seiring perkembangan tahun yang kian mudah bergulir, sistem ilmu pengetahuan untuk penamaan badai pun berubah. Di Amerika Serikat saja, ilmu pengetahuan untuk membuat penamaan badai menggunakan titik koordinat dari mana badai itu terbentuk. Akan tetapi sistem penamaan itu sulit diingat dan diubah lagi. Dan karena banyak alasan dan banyak juga peluang terjadinya kesalahan sebut. 

Di tahun 1953, ilmu pengetahuan penamaan badai yang terjadi di Pasifik mulai bergeser menjadi nama-nama perempuan. Lalu NHC atau National Hurricane Center yang berkantir di Amerika Serikat mengadopsi nama-nama badai yang tebentuk dan terjadi di daerah Atlantik. Ilmu pengetahuan penamaan ini diurutakan melalui sistem alfabet dari tahun ke tahun tapi tidak menggunaka urutan Q, U, X, Y, dan Z. Di setiap tahunnya, nama badai disiapkan dan jumlahnya kira-kira 21 nama. Kemudian, ilmu pengetahuan penamaan badai berdasarkan atas aksara Yunani, yakni Alpha, Betha, dan lain sebagainya. NHC menyusun nama-nama badai yang akan terjadi di wilayah Atlantik untuk kurun waktu enam tahun ke depan. Dengan begitu, di tahun ke tujuh akan ada nama-nama badai lagi.

Di tahun 2012 saja, sudah ada nama-nama badai seperti Chris, Alberto, dan Beryl. Nama Badai Sandy adalah badai yang ke 18 untuk tahun ini di Amerika Serikat. Badai Sandy menjadi fenomena siklon tropis. Sehingga peristiwa ini mempunyai karakter lembabnya suhu, keadaan yang hangat di permukaan laut, dan ini anginnya bergerak atas rotasi bumi. Bukan hanya NHC tapi BMKG (Badan Meteorologi, Klimatogi, Geofisika) pun memberikan nama pada badai.
SHARE

Muhammad Sholahuddin

Hi. Saya’ Seorang Blogger. Saya’Pebisnis Online. Saya’juga seorang santri dan PNS yang bekerja dan mengabdikan diri di Badan Karantina Pertanian, serta Pondok Pesantren Asshomadiyah.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment